Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana dengan App Inventor 2

    Kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana dengan App Inventor 2. App Inventor 2 adalah salah satu media untuk membuat aplikasi android. App Inventor ini sebenarnya bukanlah aplikasi berbentuk progam tetapi adalah aplikasi berbentuk web yang dapat anda kunjungi di: ai2.appinventor.mit.edu . Mungkin dalam pemerogaman android banyak yang masih menggunakan Java Eclipse. Walaupun aplikasi ini baru tapi Pembuatan aplikasi menggunakan App Inventor 2 itu sangatlah mudah.

    Dalam tutorial kali ini saya akan lebih memfokuskan ke mendesain aplikasinya dulu. Dalam mendesain aplikasi ada banyak menu yang bisa dipilih seperti User Interface, Layout, Media ,Sensor, dll. Sebelum kita mulai tutorialnya saya akan menjelaskan satu per satu fungsi dari menu-menu tersebut. Berikut adalah penjelasan dan fungsinya.


1. User Interface

    Dalam menu ini akan terdapat banyak item tentang User Interface. Seperti artinya User Interface adalah tampilan antarmuka yang berisi item-item seperti button, label, textbox, checkbox, dll. Biasanya dalam pembuatan aplikasi anda akan membutuhkan button untuk mengganti screen atau melakukan suatu perintah. Label adalah tempat dimana anda dapat memasukan tulisan di dalamnya.

2. Layout

    Layout adalah suatu ruang yang dibuat untuk menaruh item-item. Dalam menu ini terdapat 3 pilihan layout. Layout tersebut yaitu tipe Horizontal, tipe Vertical, dan tipe tabel. Dari ketiga ini anda bisa memilih salah satu layout. Di layout ini anda bisa menentukan sendiri seberapa Height dan Width nya. Anda juga bisa memilih peletakan item ingin ditengah, dipinggir kanan, atau dipinggir kiri dan letak ketinggianya di tengah,di atas, atau dibawah.

3. Media

    Di menu Media ini akan ada banyak media yang dapat ditaruh di aplikasi yang akan kita buat nanti. Media tersebut contohnya video, audio, gambar, dll. Anda dapat memasukan media yang akan anda masukan dalam aplikasi anda dengan mengupload file yang ingin anda masukan ke aplikasi anda.

4. Sensor

    Menu Sensor ini berisi item-item sensor. Sensor-sensor tersebut contohnya adalah sensor gyroscope, acclelerometer, location sensor, dll

    Setelah memahami ke-4 hal tersebut anda sudah dapat membuat sebuah aplikasi sederhana. Berikut adalah Cara Membuat Aplikasi Sederhana dengan App Inventor 2.

CARA MEMBUAT APLIKASI ANDROID SEDERHANA DENGAN APP INVENTOR 2

1. Buka App Inventor 2 di ai2.appinventor.mit.edu

2. Login dengan Email dan Password anda

3. Setelah itu anda kan dibawa ke web App Inverntor 2 seperti dibwah ini.


4. Klik pada tombol "Start new project" lalu akan muncul pop up seperti dibawah ini


5. Ketik nama pada kolom "Project Name" dan nama projek tidak boleh memakai spasi.

6. Setelah itu klik "OK"

7. Setelah itu anda akan dibawa ke page seperti dibawah ini.


8. Pertama klik menu "Layout" dan seret ke screen untuk tempat menaruh item seperti button

9. Kedua klik menu "User Interface" 

10. Seret misalnya seperti item Button atau label pada Layout di menu screen pertama.

11. Beri nama pada Button atau label tadi.

12. Untuk merubah ukuran button dan label, anda tinggal mengganti pada Height dan Width dari automatic menjadi sesuai selera anda. Untuk mem-full kan ukuran button dan label silahkan ganti menjadi Fill Parent.

13. Untuk mengubah posisi tombol anda tinggal mengubah posisi "Align Horizontal" dan "Align Vertical" sesuai selera anda

14. Untuk menambah screen anda tinggal meng klik pada tombol add screen 

15. Untuk menghapus item pilih saja "Delete" pada menu "Components"

16. Aplikasi dapat anda kereasikan sesuai selera anda.

CARA MEMBUAT PERINTAH PINDAH SCREEN PADA BUTTON

1. Buka "Block" di pojok kanan atas

2. Pilih button yang ingin diberi perintah

3. Kemudian pilih yang "when click button (button yang dipilih)"

4. Pilih "Control" lalu pilih "Open Another ScreenName"

5. Satukan menjadi satu bagian-bagian tersebut

6. Yang terakhir, pilih "Text" item kolom yang kosong di paling atas lalu seret dan gabungkan menjadi satu

7. Setelah itu tulis kolom tersebut dengan nama screen yang ingin dibuka

    Untuk seperti membuat splash screen aplikasi akan saya bahas di postingan selanjutnya. 

    Itulah Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana dengan App Inventor 2. Sekian Informasi dari saya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba





    
Previous
Next Post »